Wakil Walikota Langsa Launching Gampong Bersih


author photo

23 Jun 2022 - 12.55 WIB


Langsa - Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM melaunching Gampong bersih dan Peusijuk bentor Gampong Seuriget kecamatan Langsa Barat, di kantor Geuchik setempat,Kamis  (23/6/2022).

Hadir Kadis Dinas Lingkungan Hidup kota Langsa Ridwanullah SSTP., MSP, Camat Langsa Barat Hady Wijaya SSTP., MSP, Kapolsek Langsa Barat AKP. Lilik Hermanto SH, Geuchik Gampong Seuriget, Muhammad Adhari, serta perangkat Gampong Seuriget.

Dalam arahannya, Wakil Walikota mengatakan Pemko menggalakkan  kebersihan Gampong bukannya semata-mata untuk kepentingan pemerintah. Kebersihan Gampong merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab dan sangat dianjurkan dalam agama Islam.

"Dalam agama Islam taharah sangat jelas mengajarkan kita agar selalu hidup bersih termasuk kebersihan lingkungan sekitar kita," katanya.

Dikatakannya, kawasan bebas sampah Kota Langsa harus dapat diwujudkan dan diperhatikan di mulai dari Gampong untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan. 

Apalagi, hasil penemuan tim Ekspedisi Sungai Nusantara (ESN) bersama dengan Forum Konservasi Leuser (FKL) sungai Krueng Langsa airnya telah dinyatakan tercemar mikroplastik dan tidak layak dikonsumsi masyarakat karena mengandung klorin.

"Besarnya ancaman dari sampah plastik yang terbuang di alam dan masuk ke laut tidak akan terurai," jelasnya lagi.

Ia menambahkan dengan adanya armada kebersihan Gampong  diharapkan tidak ada lagi sampah plastik maupun sampah rumah tangga yang berserakan dimana-mana yang dapat mempengaruhi lingkungan dan kesehatan.

"Saya minta kepada Dinas Lingkungan Hidup jika ada becak motor untuk sampah. Semoga dapat diserahkan lagi ke Gampong-gampong supaya masalah sampah segera teratasi," tutupnya.(Iwan)
Bagikan:
KOMENTAR