Mabicab dan Kwarcab Serta LPK Pramuka Kota Langsa Dikukuhkan


author photo

11 Jun 2024 - 13.22 WIB



Langsa – Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kota Langsa Masa Bakti 2024 – 2029 oleh Ketua Kwarda Daerah Pramuka Aceh Muzakir Manaf di Pendopo Walikota Langsa, Senin (10/6/2024).

Ketua Kwarda Aceh Muzakir Manaf melantik dan mengukuhkan Pj. Walikota Langsa Syaridin, S.Pd, M.Pd sebagai Ketua Mabicab, dan Sekda Ir. Said Mahdum Majid sebagai Sekretaris, beserta pengurus. Ketua DPRK Langsa Maimul Mahdi, S.Sos sebagai Ketua Kwarcab dengan Sekretaris Tatang Wardana, dan Bendahara Nadra Juliana, beserta pengurus. Faisal, M.H, M.Kn sebagai Ketua LPK dan Sekretaris Muslim, berserta pengurus.

Turut dihadiri, Dandim 0104/Aceh Timur, Letkol Inf Tri Purwanto, SIP, Kapolres Langsa diwakili Kabag Ren Kompol Eliadi, SE, MAP, Kajari Langsa diwakili Kasubbag Pembinaan Zulfan, S.Ag, Ketua Rektor Universistas IAIN Cot Kala Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA. Asisten I Pemko Langsa Suriyatno, AP, MSP, Jajaran Kwartir Gerakan Pramuka Langsa dan tamu undangan lainnya.

Ketua Kwarda Daerah Pramuka Aceh Muzakir Manaf dalam sambutannya mengatakan kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing dan pengurus Kwartir Cabang gerakan pramuka Kota Langsa sekaligus menjadi ajang silahturahmi dengan keluarga besar gerakan Pramuka.

“Selamat kepada pengurus yang baru semoga sukses dan dapat menjalankan amanah yang di berikan sehingga pembinaan kepramukaan terus berjalan dengan baik”, jelasnya.

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Daerah Kota Langsa adalah Kwarti Cabang yang telah 6 (enam) kali berturut-turut meraih Cabang Kwartir Tergiat, ini menandakan estafet kepemimpinan Pramuka Kota Langsa berjalan sangat baik

Selama ini Kwartir Cabang Pramuka Kota Langsa sudah menunjukan jati dirinya dalam pembinaan anggota dalam melakukan kegiatan kepramukaan di bawah kepengurusan ketua yang lama dapat memberikan masukan-masukan yang positif demi terus majunya Gerakan Pramuka Kota Langsa.

“Besar harapan kepada Walikota dan DPRK Langsa dapat mendukung anggaran APBK kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Langsa  dan kalau ada anggaran yang memadai agar di kelola dengan baik”, papar Muzakir Manaf.

Selanjutnya, pada kesempatan yang sama Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Cabang Langsa Syaridin juga menyampaikan ucapan selamat kepada yang baru saja dilantik. Semoga amanah yang telah diberikan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dedikasi, dan komitmen yang tinggi untuk memajukan Gerakan Pramuka di Kota Langsa cabang ini.

“Gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter generasi muda, Pramuka adalah wadah yang efektif dalam mengembangkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, kerja sama, dan rasa tanggung jawab”, katanya.

Di era globalisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini, Gerakan Pramuka menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Para Anggota pramuka terutama para pembina dan pelatih dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan zaman tanpa menghilangkan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan Gerakan Pramuka. 

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran Pramuka untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi agar dapat bersaing dan tetap relevan di masa kini dan masa depan”, ungkap Syaridin.

Lebih lanjut, Syaridin juga mengajak seluruh masyarakat, khususnya para orang tua, untuk memberikan dukungan penuh kepada anak-anak kita yang aktif di Pramuka. Dukungan moral dan material dari keluarga sangat penting untuk membentuk karakter anak-anak yang kuat dan berbudi pekerti luhur.

Sinergi antara Gerakan Pramuka dengan berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, harus terus ditingkatkan.Saya yakin Kolaborasi ini akan memberikan dampak positif yang lebih besar bagi pembinaan generasi muda dan pembangunan daera kita.

“Terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Dr. Marzuki Hamid, MM beserta seluruh jajaran pengurus sebelumnya atas segala dedikasi dan sumbangsihnya selama menjabat, pengabdian yang telah diberikan menjadi fondasi yang kuat bagi kepemimpinan yang akan datang”, terang Syaridin.

Marilah kita bersama-sama mendukung Ketua Kwartir Cabang yang baru dalam menjalankan tugasnya. Dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, saya yakin kita dapat membawa Gerakan Pramuka ke arah yang lebih baik dan lebih maju.(Iwan)
Bagikan:
KOMENTAR