Kepala UPB Paya Seunara Bersama Kapolres Sabang Tinjau Langsung Bendungan Paya Seunara


author photo

1 Des 2023 - 19.37 WIB


Sabang - Kepala Unit Pengelola Bendungan (UPB) Paya Seunara Kota Sabang, Deddi Taprian ST, MT bersama Kapolres Sabang AKBP Erwan, S.H., M.H serta didampingi Kapolsek Sukakarya Kota Sabang, Jum'at (1/12/2023).

Kunjungan ke Waduk Paya Seunara dipimpin Langsung Kapolres Sabang AKBP Erwan didampingi Kepala Unit Pengelola Bendungan Deddi Taprian kunjungan ini dilakukan guna mengantisipasi dan menanggulangi banjir yang sering terjadi di sekitar saluran pembuangan air waduk saat hujan dalam intensitas tinggi.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolres Sabang menekankan pentingnya peninjauan secara langsung untuk memastikan kondisi infrastruktur dapat mengatasi potensi banjir.

Kepala UPB Paya Seunara Deddi Taprian ST, MT , Mengatakan kepada media ini mengenai sistem pembuangan air dan langkah perbaikan yang diperlukan, karena Saluran pembuang sudah bersedimen dan harus di bersihkan supaya saluran lancar dan tidak terjadi air meluap ke rumah warga.

Lanjut Deddi , Kita perlu memastikan bahwa infrastruktur ini berfungsi optimal, terutama saat cuaca ekstrem. Langkah-langkah preventif harus diambil agar warga tidak lagi terdampak banjir dan potensi Air baku di Paya Seunara dilaporkan mencapai 125 liter per detik. Sedangkan proyeksi air baku untuk Kota Sabang pada tahun 2021 adalah sebesar 60,70 per detik. Sementara untuk tahun 2026 diperkirakan sebesar 80,49 liter per detik.

Dia mengatakan,dengan adanya bendungan tersebut, telah memberikan dampak positif kepada masyarakat utamanya mereka yang tinggal di berdekatan dengan bendungan. “Dengan adanya bendungan ini, ada peningkatan pekerjaan dan pendapatan masyarakat sekitar," Ujarnya.

Sementara itu, M.Arif (38) Warga Kota Sabang menyampaikan Rasa Bersyukur Terhadap Anugerah Yang Allah berikan kepada Masyarakat Kota Sabang Alhamdulillah karna dengan adanya Bendungan Waduk Paya Seunara ini dapat digunakan untuk menyimpan air untuk keperluan masyarakat sekitar dan peningkatan ekonomi Masyarakat," tuturnya.

Deddi Taprian Kepala UPB Paya Seunara Meunambahkan, Kota Sabang telah ditetapkan sebagai Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu oleh pemerintah pusat sehingga tujuan utama bendungan waduk paya seunara ini bertujuan untuk peningkatan penyediaan air baku untuk kepentingan rumah tangga dan perkotaan yang saat ini memerlukan air baku. (Wen)
Bagikan:
KOMENTAR