MEMERIAHKAN BULAN SUCI RAMADHAN ORMAWA FEBI IAIN LHOKSEUMAWE MENYELENGGARAKAN SAFARI RAMADHAN DAN PENGABDIAN


author photo

27 Mar 2024 - 22.05 WIB


Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Ormawa FEBI) IAIN Lhokseumawe melakukan kegiatan Safari Ramadhan dan pengabdian kepada masyarakat di Kampung Kala Kecamatan Bintang Kabupaten Aceh Tengah. kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 23 sampai 24 Maret 2024.

"Ini merupakan tahun kedua setelah tahun lalu juga kegiatan serupa. dilaksanakan di kabupaten yang sama yaitu di Masjid Ridwan Saril Kampung Pendere Saril Kecamatan Bebesen. Namun untuk tahun ini ditambah dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pembinaan anak-anak remaja di gampong Kala Bintang." Kata koordinator lapangan Supriansyah yang juga ketua HMJ AKS dan berasal dari kecamatan Bintang.

Kegiatan safari ramadhan dipusatkan di dua lokasi yaitu Masjid Jamik Al Kawakib Kecamatan Bintang dengan penceramah Yusril Mahasiswa Pendidikan Agama Islam yang berasal dari Aceh Tamiang dan Imam tarawih Maulidansyah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah. Sedangkan satu tim lagi di mushalla Gampong Kala dengan penceramah Muhammad Fahrul Rezha Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah yang berasal dari Kabupaten Langkat Sumatera Utara dan Imam Muhammad Khairul Mubarak Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah. Selain bentuk ceramah ramadhan juga dilakukan kegiatan pembinaan remaja.

dalam bentuk motivasi yang diisi oleh para pengurus Ormawa FEBI yang dipusatkan di mushalla Gampong Kala Bintang. Pembinaan tersebut dilakukan untuk memberi semangat bagi remaja dan anak-anak dalam meraih cita-cita. "kegiatan ini memperkenalkan dunia luar yang tetap dalam bingkai nilai-nilai Islam, apalagi visi Indonesia 2045 adalah terwujudnya generasi emas". Kata Yusrini Ketua Komunitas Belajar Al-Quran FEBI (KOMBAF).

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kursi lipat untuk shalat, jam dinding, al-Quran beserta tempatnya yang diserahkan kepada BKM Masjid Al Kawakib oleh Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FEBI Muhammad Aidil Fitri. Bantuan tersebut merupakan donasi dari keluarga besar FEBI IAIN Lhokseumawe.

Tujuan dari kegiatan ini selain sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat juga bentuk sosialisasi kampus kepada masyarakat di Aceh Tengah.

khususnya kecamatan Bintang. "Momen Ramadhan 1445 hijriah ini bertepatan dengan masa sosialisasi kampus IAIN Lhokseumawe. Untuk itu kami ormawa FEBI juga memiliki tanggung jawab untuk itu". Ketua Pengarah Kegiatan Uswatun Hasanah Putri Nasution yang merupakan Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) FEBI. ini adalah kegiatan yang sumber dananya swadaya mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan FEBI, "kami ormawa sangat berterima kasih kepada dosen maupun tenaga pendidik yang selalu memberikan motivasi dan dukungan untuk kegiatan kami". Imbuh Uswah yang berasal dari Kabupaten Batu Bara.

Kegiatan yang diikuti oleh 26 orang mahasiswa dari Jurusan Ekonomi Syariah, Jurusan Perbankan Syariah dan Jurusan Akuntansi Syariah mendapatkan respon dan apresiasi masyarakat setempat. Mereka sangat mengharapkan kegiatan terus dilaksanakan untuk memberikan motivasi bagi remaja dan pemuda di kecamatan Bintang Khususnya.

Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FEBI IAIN.

Lhokseumawe Dr. Taufiq, S. HI., MA juga ikut hadir dan memantau kegiatan tersebut. "Kegiatan ini sebagai bentuk kreativitas ormawa FEBI bukan hanya bernilai pengabdian juga menjadi evaluasi sejauh mana pengetahuan masyarakat terhadap keberadaan kampus IAIN Lhokseumawe".

Melalui Wakil Dekan 3, Pimpinan FEBI menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada tokoh masyarakat setempat yang menerima dan memfasilitasi mahasiswa FEBI dalam kegiatan pengabdian tahun ini. Dan juga kepada para demisioner ormawa FEBI yang hadir. Karena pelaksanaannya di bulan ramadhan juga dilaksanakan buka puasa bersama di salah satu rumah masyarakat di Kampung. Kala Bintang yaitu kediaman bapak Kiandi dan sahur bersama di pinggir danau laut tawar.(**)
Bagikan:
KOMENTAR