Di Imami Abu Tumin, Almarhum Bupati Bireuen H Saifannur di Makamkan


author photo

20 Jan 2020 - 18.07 WIB


RADAR ACEH | Bireuen - Jenazah mendiang Bupati Bireuen H Saifannur, S.Sos dishalatkan di Masjid Besar Peusangan. Bertindak sebagai Imam yakni ulama kharismatik Aceh Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin Blang Bladeh), Senin (20/1/2020) sekira pukul 09.30 WIB pagi.

Lalu jenazah dimakamkan di Tempat Pemakaman Keluarga (TPK) yang berlokasi dibelakang rumah pribadi almarhum di Desa Paya Meuneng Kecamatan Peusangan, Bireuen.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, almarhum meninggal dunia dalam perawatan di RS Siloam Dhirga Surya Medan, pada Senin (19/1) pukul 09.10 WIB malam, akibat sakit yang dideritanya. Jenazah almarhum tiba di rumah duka, Senin (20/1) sekira pukul 07:00 WIB pagi.

Sejatinya sebagai salah satu Pejabat Negara, pemakaman Bupati Bireuen 2017-2022 pun dilaksanakan dengan serangkaian upacara kenegaraan yang melibatkan sejumlah purna dan praja IPDN. Wakil Bupati Bireuen Dr.Muzakkar Agani, SH, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara dan turut dihadiri unsur Forkopimda, para pejabat Pemkab Bireuen, Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, segenap komponen masyarakat serta keluarga besar almarhum.

Pantauan Radar Aceh dilokasi, pukul 09:15 WIB, jenazah dari rumah duka dibawa ke masjid dengan menggunakan ambulan RSUD dr Fauziah, dan imam shalat ulama kharismatik Aceh, Tgk H Muhammad Amin (Abu Tumin Di Blang Bladeh). Selepas itu jenazah dibawa pulang untuk dishalatkan lagi oleh masyarakat yang melayat.

Pada ceremonial upacara pemakaman tersebut, dirangkai pembacaan riwayat hidup oleh Sekda Ir Zulkifli, SP dan serahterima jenazah dari keluarga kepada Pemkab Bireuen yang diterima oleh Inspektur upacara Wabup Muzakkar.

Selanjutnya, jenazah almarhum yang ditutup dengan bendera merah putih diatas peti (keuranda) dilakukan pengiringan jenazah menuju liang lahat oleh sejumlah purna dan praja IPDN, dibantu warga dan keluarga sampai proses pemakaman selesai yang ditutup dengan doa bersama di lokasi makam almarhum H Saifannur, S.Sos Bin Cut Hasan.

Sebagaimana diketahui, sederetan poin dalam Daftar riwayat hidup yang dibacakan Sekda Bireuen Ir Zulkifli, SP, menyebutkan, "H Saifannur, S.Sos, lahir di Desa Alue Krueb, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen pada 21 Agustus 1956.

Almarhum menempuh pendidikan di MIN Lueng Danun tahun 1963-1969, MTsN Peusangan 1971-1974, MAS Darussa'adah Peusangan 1979-1982, Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) Universitas Almuslim Peusangan Bireuen tahun 2004-2010.

Selain itu, riwayat pekerjaannya, tambah Sekda, pernah menjabat Keuchik Gampong Paya Meuneng tahun 1998-2012, Ketua KOSGORO Peusangan 2009-2013, Ketua Umum DPD Golkar, Direktur Utama PT Cipta Karya Aceh, Komisaris Utama PT Mutiara Aceh Lestari dan terakhir Bupati Bireuen periode 2017-2022,"

"Almarhum yang menjabat Bupati Bireuen sejak Agustus 2017 lalu (lebih kurang 2,5 tahun lamanya) tersebut, meninggalkan seorang isteri, Hj Fauziah M Daud yang dianugerahi 5 (lima) orang anak, yakni, (Alm) Chandra Purnama, Nelly Safrida, SE, H Ziaurrahman, ST, Afdhalulrahman, (Alm) Ustafi Zurrahman," sebut Zulkifli, yang dilanjutkan dengan pengiringan jenazah ke lokasi pemakaman. [SR]
Bagikan:
KOMENTAR